Kegiatan Pengembangan Diri

Mengikuti kegiatan pengembangan diri yang diselenggarakan oleh BBPMP Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan Pembelajaran Informatika

Siswa sedang mengikuti KBM Informatika dengan Dimensi Profil Pelajar Pancasila.

Pemanfaatan Canva untuk Pendidikan dalam KBM Siswa

Siswa sedang mengikuti kegiatan KBM melalui slide dari Canva untuk Pendidikan.

Kamis, 30 November 2023

BAB I INFORMATIKA DAN PEMBELAJARANNYA

 

Tujuan Pembelajaran 
Pada bab ini, peserta didik akan diajak merefleksikan kembali materi mata pelajaran Informatika kelas VII, dan mendapatkan gambaran umum mengenai materi yang akan dipelajari pada mata pelajaran Informatika kelas VIII. 

Pertanyaan Pemantik 
Apakah kalian sudah pernah mencoba mempelajari Informatika melalui sebuah permainan, baik permainan yang menggunakan komputer maupun tidak? Ceritakan pengalaman kalian dan hal apa yang kalian pelajari dari permainan tersebut!

Peta Konsep 


Apersepsi

Apa yang kalian rasakan setelah mempelajari Informatika pada kelas VII? Menarik, bukan? Ternyata, belajar Informatika tidak selalu harus menggunakan komputer! Justru dengan memerankan diri sebagai komputer atau robot, kita mengalami dan memahami fungsi sistem komputasi. Pada materi kelas VII, kalian sudah belajar bahwa konsep Informatika ternyata dipakai dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah, di kelas VIII ini, kalian akan memperdalam pemahaman kalian mengenai Informatika dengan cara yang selaras dengan apa yang kalian alami pada kelas VII, yaitu bahwa mempelajari Informatika ternyata bukan hanya hal praktis menggunakan komputer.

Namun, kalian perlu bermain, mengalami, berpikir, melakukan refleksi, merenung tentang aspek keilmuan yang melatarbelakangi komputer. Yuk, kita lanjutkan petualangan kita untuk belajar Informatika!


Materi

A. Informatika dan Profil Pelajar Pancasila

B. Cara Belajar Informatika

C. Kilas Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas VII

D. Apa yang akan Kalian Pelajari di Kelas VIII?

E. Apa Harapan Guru?

F. Pemaknaan dan Kualitas Hasil belajar

G. Refleksi dan Rencana Kegiatan

LKPD_AI Aktivitas BK-K8-06-U: Teka Teki Operasi Perhitungan


Lembar Aktifitas Peserta Didik - Aktivitas Individu 

Aktivitas BK-K8-06-U: Teka Teki Operasi Perhitungan

LKPD_AI Aktivitas BK-K8-05-U: Belajar Menyulam


Lembar Aktifitas Peserta Didik - Aktivitas Individu 

Aktivitas BK-K8-05-U: Belajar Menyulam


LKPD_AI Aktivitas BK-K8-04-U: Konversi Bilangan Biner dan Oktal menjadi Bilangan Desimal


Lembar Aktifitas Peserta Didik - Aktivitas Individu 

Aktivitas BK-K8-04-U: Konversi Bilangan Biner dan Oktal menjadi Bilangan Desimal


LKPD_AI Aktivitas BK-K8-03-U: Konversi Bilangan Desimal menjadi Bilangan Biner dan Oktal


Lembar Aktifitas Peserta Didik - Aktivitas Individu 

Aktivitas BK-K8-03-U: Konversi Bilangan Desimal menjadi Bilangan Biner dan Oktal


LKPD_AI Aktivitas BK-K8-02-U: Pupuk Ajaib


Lembar Aktifitas Peserta Didik - Aktivitas Individu 

Aktivitas BK-K8-02-U: Pupuk Ajaib


LKPD_AI Aktivitas BK-K8-01-U: Mesin Pembentuk Kue


Lembar Aktifitas Peserta Didik - Aktivitas Individu 

Aktivitas BK-K8-01-U: Mesin Pembentuk Kue


9.1.A. Struktur Data

  A. Struktur Data Di kelas IX , akan dipelajari dua struktur data lain yang sering digunakan dalam bidang Informatika, yaitu graf (graph) d...