Kegiatan Pengembangan Diri

Mengikuti kegiatan pengembangan diri yang diselenggarakan oleh BBPMP Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan Pembelajaran Informatika

Siswa sedang mengikuti KBM Informatika dengan Dimensi Profil Pelajar Pancasila.

Pemanfaatan Canva untuk Pendidikan dalam KBM Siswa

Siswa sedang mengikuti kegiatan KBM melalui slide dari Canva untuk Pendidikan.

Senin, 04 Maret 2024

BAB 8 Dampak Sosial Informatika

 


Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari bab ini, peserta didik mampu:

  • menjelaskan kegunaan media sosial serta dampak positif dan negatifnya, 
  • menjelaskan cyberbullying dan jenis-jenisnya, 
  • mengkaji kritis informasi atau berita dari media online,
  • menyimpulkan apakah berita tersebut merupakan berita bohong atau bukan,dan 
  • mengkaji kritis kasus rundungan untuk mengantisipasinya.
Pertanyaan Pemantik

Beberapa dari kalian memiliki akun media sosial. 
Apa manfaat media sosial bagi kalian? Adakah dampak negatif penggunaan media sosial?

Peta Konsep

Apersepsi
Apakah kalian pernah mendengar Instagram? Twitter? Tiktok? 
Nama-nama tersebut adalah nama aplikasi media sosial. 
Mungkin kalian sudah memiliki aplikasi tersebut dan menggunakannya. 
Selain memberikan manfaat, sadarkah kalian bahwa aplikasi tersebut mempunyai dampak negatif ? Apakah kalian pernah mendengar istilah hoax atau kabar bohong? Cyberbullying? 
Berhati-hatilah karena di media sosial, banyak sekali informasi atau berita yang salah,menyesatkan, atau tidak benar. 
Media sosial juga sangat potensial untuk menjadi tempat melakukan cyberbullying.

Kata Kunci
Media sosial, berita bohong, hoax, cyberbullying

Teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini makin banyak digunakan memiliki dampak sosial bagi masyarakat. Kalian mempelajari dampak sosial informatika agar memiliki perilaku etis ketika berinteraksi dengan teknologi. Teknologi informasi dan komunikasi menciptakan dunia baru yang disebut dunia maya dimana kalian adalah warganya. 
Sebagai warga dunia maya yang modern dan canggih, kalian juga memiliki tanggung jawab. Kalian harus memiliki perilaku yang etis, yang didasari oleh kemampuan mengkaji informasi yang ada di media sosial. Kalian juga harus menghindari perilaku yang tidak terpuji dan harus menghormati privacy dan hak orang lain.

Pada bab ini, materi yang akan dipelajari:
A. Media Sosial
B. Mengkaji Kritis Informasi
C. Cyberbullying

Rabu, 17 Januari 2024

LAPD_AB Aktivitas AD-K8-06: Mengelola Data dengan Tables

 


Lembar Aktifitas Peserta Didik - Aktivitas Berpasangan

Aktivitas AD-K8-06: Mengelola Data dengan Tables


Buatlah sebuah lembar yang berisi data kedatangan penumpang pesawat udara di beberapa bandar udara pada tahun 2017 dan 2018, dari bulan Januari sampai dengan April, seperti contoh berikut.


Lakukan pengelolaan data dengan Tables terhadap data di atas, kemudian lakukan hal berikut.

1. Urutkan data dalam Tables, urutan pertama berdasarkan bulan, urutan kedua berdasarkan jumlah.

2. Gunakan Filter untuk menampilkan data pada suatu bandar udara (misalnya Ngurah Rai) pada tahun tertentu (misalnya 2017).

3. Gunakan Total untuk menampilkan jumlah penumpang terbanyak (max), tersedikit (min) dan rata-rata (average) untuk hasil filter dari butir (2).

4. Salinlah hasil butir (2) ke worksheet baru.

5. Ulangi langkah (2) sampai (4) sehingga diperoleh tabel baru untuk setiap bandar udara pada setiap tahun yang menunjukkan ringkasan Total (max, min, average) .


LAPD_AB Aktivitas AD-K8-05: Meringkas Data dengan Pivot Tables

Lembar Aktifitas Peserta Didik - Aktivitas Berpasangan

Aktivitas AD-K8-05: Meringkas Data dengan Pivot Tables

Pada aktivitas ini, kalian akan meringkas data jumlah kedatangan penumpang pesawat udara di beberapa bandar udara pada tahun 2017 dan 2018 dari bulan Januari sampai dengan Maret. Peringkasan dilakukan untuk memudahkan dalam membaca data yang ada.

Buatlah lembar kerja yang berisi data jumlah kedatangan penumpang pesawat seperti contoh berikut ini.


1. Buatlah pivot table satu dimensi dengan nama bandar udara sebagai Rows untuk menunjukkan ringkasan data penumpang yang masuk melalui bandar udara.

a. Gunakan fungsi jumlah, rata-rata, nilai minimum atau maksimum.

b. Gunakan tahun atau bulan sebagai filters.

2. Buatlah pivot table dua dimensi dengan nama bandar udara sebagai Rows dan nama bulan sebagai Columns untuk menunjukkan ringkasan data penumpang yang masuk melalui bandar udara.

a. Gunakan fungsi jumlah, rata-rata, nilai minimum atau maksimum.

b. Gunakan tahun sebagai filters.

3. Dari ringkasan data yang dihasilkan pada butir (2), buatlah chart Column untuk membandingkan jumlah penumpang yang masuk melalui bandar udara untuk tahun 2017 dan 2018 pada bulan Januari sampai dengan Maret.

4. Menurut kalian, apa gunanya melakukan peringkasan data ini? Mengapa harus diringkas? Bagaimana jika tidak diringkas?

5. Pada contoh ini, memang data yang diringkas hanya sedikit. Bagaimana jika datanya ribuan? Apa strategi kalian meyakinkan bahwa hasilnya benar?



LAPD_AB Aktivitas AD-K8-04-U: Meringkas Data Secara Manual

Lembar Aktifitas Peserta Didik - Aktivitas Berpasangan

Aktivitas AD-K8-04-U: Meringkas Data Secara Manual

Setelah kalian mencoba meringkas data dengan menggunakan aplikasi lembar kerja, pada aktivitas kali ini kalian akan menyimulasikan lembar kerja secara unplugged atau tanpa komputer. Lembar kerja akan dituliskan dalam selembar kertas manila dan sticky notes sebagai pengganti penulisan formula.

Kalian akan mengerjakan aktivitas ini secara berpasangan (berdua).

Apa yang kalian perlukan

1. Kertas manila/kertas karton/kertas gambar berukuran A2 atau A1

2. Sticky notes berbeda warna untuk menuliskan formula dan hasil jawaban

Apa yang kalian lakukan - Asesmen

Koperasi sekolah Damai menjalankan usaha bersama dengan menjual beberapa barang. Kalian diminta membuat sebuah lembar kerja untuk mencatat hasil penjualannya. Kalian juga diminta membuat laporan sederhana untuk memudahkan teman-teman melihat hasil penjualannya. Semua aktivitas ini dilakukan tanpa menggunakan komputer, tetapi dengan membuat simulasi lembar kerja pada kertas.

Kalian perlu membuat simulasi lembar kerja dengan menggunakan kertas manila dengan membuatnya menjadi seperti matriks berukuran 16 kolom x 15 baris. Kolom diberi nama A sampai P, dan baris diberi nomor 1 sampai 15, seperti yang tampak pada gambar di bawah.

Setelah itu, kalian juga perlu menyiapkan sticky notes. Sticky notes digunakan untuk menuliskan formula dan hasil dari formula. Formula akan ditulis pada sticky notes bagian bawah, sedangkan hasil dari formula akan dituliskan pada sticky notes bagian atas. Dengan demikian, nantinya, setiap cell yang perlu kalian kerjakan akan berisi 2 lembar sticky notes yang saling bertumpuk.

Misalnya, sticky notes bagian bawah berisi =4+8 dan sticky note yang atas berisi 12 sebagai hasil dari perhitungan formula pada sticky notes bawahnya.

Tuliskan data berikut pada simulasi lembar kerja yang sudah dibuat.

Semua cell yang berwarna harus kalian lengkapi dengan menempelkan dua sticky notes sesuai perintah sebelumnya. Formula yang digunakan pada aktivitas ini antara lain: VLOOKUP, SUM, SUMIF/SUMIFS, COUNTIF/COUNTIFS, dan operator aritmatika perkalian.



LAPD_AB Aktivitas AD-K8-02: Membuat Chart

  

Lembar Aktifitas Peserta Didik - Aktivitas Berpasangan

Aktivitas AD-K8-02: Membuat Chart

Setelah mempelajari berbagai jenis chart yang ada dan memahami bagaimana cara membuatnya, pada aktivitas kali ini, kita akan belajar untuk membuatnya secara langsung. 

Berikut ini akan diberikan sebuah data dan ikuti perintah yang ada.

Langkah:

1. Buatlah lembar kerja. Ketiklah data kedatangan penumpang pesawat udara di beberapa bandar udara pada tahun 2017 dari bulan Januari sampai dengan April, seperti contoh berikut ini.

2. Tinkering.

Berikut latihan yang harus dilakukan. Ingat, bahwa tugasnya bukan hanya mengoperasikan Microsoft Excel/Google Sheets, tetapi harus memahami benar apa yang terjadi dan merefleksikannya.

Tuliskan hasil chart dan jawabannya pada Buku Tulis Informatika

3. Buatlah Pie chart untuk menunjukkan:

a. persentase penumpang yang masuk melalui bandar udara pada bulan Januari,

b. persentase penumpang yang masuk melalui Soekarno-Hatta dari bulan Januari sampai dengan April.

4. Buatlah chart Column untuk visualisasi data kedatangan penumpang melalui bandara Ngurah Rai, Soekarno-Hatta, Juanda, dan Kualanamu pada bulan Januari sampai dengan Maret, dengan nama bandar udara pada sumbu x.

5. Ubahlah chart hasil nomor (2) sehingga yang muncul pada sumbu x adalah nama bulan.

6. Ubahlah chart hasil nomor (2) menjadi chart Line.

Selasa, 16 Januari 2024

LKPD_AI Aktivitas AD-K8-01: Melakukan Pencarian Data dalam Lembar Kerja

Lembar Aktifitas Peserta Didik - Aktivitas Individu 

Aktivitas AD-K8-01: Melakukan Pencarian Data dalam Lembar Kerja


Buatlah lembar kerja, ketiklah data bandar udara di beberapa provinsi di Indonesia, seperti contoh berikut ini:

File lembah kerja bisa dilihat di sini

Simpan lembar kerja dengan nama file dengan nama Praktek 1. Tuliskan jawaban pertanyaan pada Buku Tulis Informatika Kelas 8.

Bukalah data bandar udara di beberapa provinsi di Indonesia. Latihan yang harus dilakukan adalah seperti berikut.

1. Gunakan fungsi vlookup untuk mencari nama bandar udara, jika diberikan nama kota atau nama provinsi.

Kasus Uji: Apa nama bandar udara di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat?

Jawab:

Kasus Uji: Apa nama bandar udara di Provinsi Kalimantan Barat?

Jawab:

Kasus Uji: Apa nama bandar udara di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah?

Jawab:

Kasus Uji: Apa nama bandar udara di Provinsi Sumatera Selatan?

Jawab:


2. Buatlah worksheet baru, ubahlah posisi kolom pada tabel data menjadi baris (tabel dengan posisi horizontal) sehingga dapat memakai fungsi hlookup untuk mencari nama bandar udara, jika diberikan nama kota atau nama provinsi.

Kasus Uji: Apa nama bandar udara Kota Padang di Sumatra Barat?

Jawab: ........................................................

Kasus Uji: Apa nama bandar udara di Provinsi Sulawesi Selatan?

Jawab: .............................................

Kasus Uji: Apa nama bandar udara Kota Palembang di Sumatera Selatan?

Jawab: ........................................................

Kasus Uji: Apa nama bandar udara di Provinsi Kalimantan Timur?

Jawab: .............................................



BAB 6.D. Pengelolaan Data

Excel menyediakan fitur Tables secara otomatis yang memungkinkan kalian untuk menganalisis data di dalam worksheet secara cepat dan mudah. Fitur yang disediakan dalam Tables adalah filter, sorting, dan total untuk menghitung statistik sederhana. Pada Tables, kalian tidak perlu menunjukkan range data untuk melakukan filter, sorting, ataupun menghitung total karena sudah otomatis ditentukan pada saat pendefinisian Tables. Untuk menghitung statistik sederhana dengan total, rumus tidak perlu dituliskan, cukup memilih dari list yang disediakan.



9.1.A. Struktur Data

  A. Struktur Data Di kelas IX , akan dipelajari dua struktur data lain yang sering digunakan dalam bidang Informatika, yaitu graf (graph) d...